5-minuman-sehat-yang-dapat-meningkatkan-imun-tubuh-saat-cuaca-ekstrem
5 Minuman Sehat yang Dapat Meningkatkan Imun Tubuh, Saat Cuaca Ekstrem

Ketika cuaca panas kita perlu berusaha untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Anda bisa mengkonsumsi minuman seperti berikut ini disaat cuaca panas dan musim kemarau. 


Banyak cara untuk dapat meningkatkan imunitas tubuh. Selain makanan bergizi seimbang, beberapa minuman juga disebut dapat menjaga sistem imunitas tubuh yang berfungsi untuk menjaga badan agar tidak terkena penyakit. Berikut ini beberapa minuman yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.

  1. Teh kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang dapat memodulasi sistem kekebalan tubuh. Sifat anti-inflamasi yang ada pada kunyit juga dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit.

  1. Teh rempah

Rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan tambahan cuka apel bersifat anti-inflamasi dan juga anti-bakteri. Misalnya jahe dan kunyit, keduanya kaya akan antiseptik dan antioksidan sebagai penyembuh alami sekaligus meningkatkan sel darah putih yang bermanfaat bagi imunitas tubuh. Sementara cuka apel efektif menekan patogen jahat serta meningkatkan pertumbuhan bakteri baik pada usus.

  1. Jus sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan vitamin A, C, asam folat dan antioksidan lainnya yang dapat menghadang peradangan dan membantu tubuh melawan infeksi

  1. Susu kunyit

Kurkumin yang ditemukan dalam kunyit dapat meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh untuk melawan radikal bebas. Saus kacang dan rempah-rempah yang mengandung lemak sehat bersifat anti-inflamasi yang baik untuk tubuh.

  1. Smoothie

Smoothie buah juga bisa menjadi alternatif lain untuk meningkatkan imunitas tubuh jika sahabat kasih kurang suka buah dan minuman racikan. Agar lebih kaya nutrisi, tidak ada salahnya menambahkan probiotik sebagai penghalang patogen jahat ke dalam tubuh yang berasal dari plain yoghurt, susu skim, dan greek yoghurt. Untuk bahan dasar membuat smoothie sahabat kasih bisa menggunakan buah pisang, kiwi, stroberi, blueberry, buah bit, atau bisa juga ditambah sayuran hijau.


Itulah 5 jenis minuman yang bisa meningkatkan imunitas tubuh agar tidak gampang terkena penyakit saat cuaca ekstrem. Selamat mencoba Sahabat Kasih!