apa-itu-childfree-dan-bagaimana-dampaknya-pada-kesehatan
Apa Itu Childfree dan Bagaimana Dampaknya pada Kesehatan?

Istilah childfree mendadak populer di sosial media dan dibicarakan banyak orang. Childfree adalah istilah yang mengacu pada suatu konsep di mana pasangan yang sudah menikah memilih untuk tidak memiliki atau membesarkan anak. 


Apa itu Childfree?

Secara harfiah, arti childfree adalah kondisi ketika seseorang atau pasangan memutuskan untuk tidak memiliki keturunan. Sebenarnya, childfree bukanlah konsep baru dan sudah banyak diterapkan di luar negeri, terutama negara maju. Bahkan, penduduk di negara maju seperti Jepang dan Jerman sudah banyak memilih untuk childfree.

Perbedaan Childfree dan Childless

Selain childfree, terdapat pula istilah lain yaitu childless. Apa perbedaan keduanya? Childfree adalah keputusan yang cenderung dibuat dengan sengaja atau melalui pertimbangan penuh, sekalipun orang tersebut punya kesempatan untuk memiliki anak.

 

Sementara itu, childless adalah istilah yang mengacu pada kondisi ketika seseorang tidak bisa memiliki keturunan, biasanya karena kondisi fisik atau biologis. Sehingga, cenderung terjadi karena unsur keterpaksaan.


Dampak Childfree untuk Kesehatan

Beberapa penelitian dari Republik Rakyat Tiongkok, Amerika Serikat, dan Kanada menunjukkan bahwa wanita tanpa anak mengalami depresi, tekanan psikologi, kesepian seiring bertambahnya usia. 

Dampak childfree justru muncul di usia tua. Penelitian di Denmark pada 2012 menunjukkan wanita yang tidak memiliki masalah dengan kesuburan dan tidak memiliki keturunan akan berisiko mengalami masalah kesehatan mental dibandingkan dengan mereka yang memiliki anak. Selain itu, dijelaskan pula wanita yang tidak pernah melahirkan dan menyusui cenderung lebih mungkin mengalami kanker payudara, ovarium, dan endometrium dibanding yang memiliki anak. Pasalnya, wanita itu tidak mengalami fungsi tersebut secara alami. 


Bukan hanya terhadap wanita, tetapi dampak chlidfree juga bisa dirasakan oleh pria. Penelitian Stanford University School of Medicine tahun 2011 menyebutkan, pria yang tidak memiliki anak berpotensi untuk mengalami masalah kardiovaskular dibandingkan dengan pria yang memiliki anak. 


Pilihan untuk memiliki anak ataupun tidak merupakan keputusan yang bersifat personal. Meski demikian, Sahabat Kasih harus tetap memperhatikan kesehatan reproduksi agar tidak terjadi masalah kesehatan di masa depan.


Periksakan kesehatan Anda secara rutin di rumah sakit Kasih Group yang tersebar di berbagai daerah. Anda dapat melakukan reservasi melalui My Kado Kasih atau call center masing-masing rumah sakit.