ampuh-jaga-kebugaran-olahraga-ini-aman-untuk-lansia
Ampuh Jaga Kebugaran, Olahraga Ini Aman Untuk Lansia

Olahraga merupakan bentuk aktivitas fisik yang dilakukan setiap manusia untuk memelihara atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik. Dengan bertambahnya usia, tentunya kebutuhan olahraga juga akan berubah. Lansia yang kurang bergerak akan mengalami masalah kesehatan seperti nyeri sendi, pikun, hingga diabetes. 


Olahraga bukan hanya kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang di usia muda saja. Justru semakin berumur, aktivitas berolahraga jangan sampai ditinggalkan. Karena bertambahnya usia, tentunya olahraga akan menimbulkan cedera serius. Maka, para lansia membutuhkan olahraga-olahraga yang ringan dan minim cedera. Berikut rekomendasi olahraga yang aman dilakukan lansia agar tubuh tetap bugar di masa keemasan : 

  1. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan olahraga yang sederhana dan efektif dilakukan oleh para lansia. Lansia yang berjalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 40 persen. 

  1. Bersepeda

Olahraga ini termasuk latihan aerobik yang baik untuk kesehatan jantung lansia. Lansia juga bisa bersepeda statis yang tersedia di pusat kebugaran atau bersepeda sambil mencari udara segar di luar ruangan. Tenang, bersepeda tidak berdampak bagi persendian dan aman dari cedera.

  1. Berenang

Kegiatan ini termasuk pilihan yang baik untuk lansia agar tetap bergerak. Olahraga ini dapat meningkatkan kekuatan otot dan sendi, melancarkan aliran darah, serta baik untuk kesehatan jantung, otak, dan paru-paru.

  1. Yoga

Yoga bertujuan untuk melatih fokus pikiran dan pernapasan. Bukan hanya menjaga kesehatan fisik, yoga juga membantu menjaga kesehatan mental para lansia yang mudah mengalami depresi dan stress.

  1. Senam

Senam tentunya melibatkan semua anggota tubuh bergerak aktif, selain itu senam juga melatih keseimbangan dan kekuatan. Senam juga telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kekuatan pada lansia karena terdapat gerakan-gerakan yang dinamis. Selain itu, senam juga dapat memperlambat demensia pada orang tua.


Dengan melakukan olahraga yang sudah disebutkan di atas, tak mustahil bagi para lansia yang ingin memiliki tubuh yang lebih bugar, sehat, dan aktif di masa tua. Olahraga pun tak selalu berkaitan dengan aktivitas fisik yang berat dan menguras tenaga yang banyak. Asal dilakukan dengan tepat dan disesuaikan dengan kemampuan diri, para lansia bisa mendapat manfaat kesehatan yang maksimal sekaligus meningkatkan dan menjaga kualitas hidupnya.