4-pengaruh-ac-pada-kulit-serta-cara-mengatasinya
4 Pengaruh AC Pada Kulit Serta Cara Mengatasinya

Menggunakan air conditioning atau AC tidak hanya membuat suhu ruangan menjadi dingin, namun juga mengurangi kelembaban dalam ruangan. Kondisi tersebut dapat membuat kulit menjadi kering dan memicu gejala yang lebih serius ketika Sahabat Kasih memiliki penyakit kulit, contohnya seperti eksim. Untuk mengatasinya, anda dapat mengoleskan pelembab dan menggunakan humidifier untuk mencegah masalah kulit kering. Untuk selanjutnya, mari ketahui pengaruh AC terhadap kulit dan cara mengatasinya seperti berikut ini.


Penggunaan pendingin ruangan ternyata dapat berdampak negatif terhadap kesehatan kulit. Soalnya, AC bekerja untuk mendinginkan ruangan dengan cara mengeluarkan udara panas dan menurunkan kelembaban. Masalahnya, lapisan kulit terluar atau skin barrier memerlukan kelembaban yang cukup agar dapat bekerja secara efektif dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Skin barrier dapat rusak ketika sahabat kasih berada diruangan ber-AC atau memiliki tingkat kelembaban rendah sehingga dapat menyebabkan gangguan pada kulit. 


Dijelaskan dari Verywell Health dan Healthline, ada beberapa pengaruh AC pada kulit, seperti:

  1. Membuat kulit menjadi kering sehingga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, seperti rasa gatal.

  2. Memperparah penyakit kulit yang sudah ada, seperti eksim.

  3. Mempertegas garis halus dan keriput di wajah ketika berada di ruangan ber-AC dalam waktu yang lama,

  4. Membuat kulit menjadi sensitif terhadap cuaca panas.


Menggunakan AC dengan jangka waktu yang lama dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit, terlebih ketika Sahabat Kasih pernah menderita penyakit kulit sebelumnya.


Menjaga agar kulit tetap lembab dapat mengurangi dampak negatif penggunaan AC dalam ruangan. Berikut beberapa cara mengatasi masalah kulit karena AC yang bisa Sahabat Kasih coba, seperti:

  1. Menggunakan face mist untuk mengembalikan kelembaban pada wajah.

  2. Mengoleskan krim atau lotion pada telapak tangan.

  3. Mengoleskan sunscreen setiap dua jam sekali agar kulit terlihat tidak kusam dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

  4. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol

  5. Menghentikan kebiasaan merokok

  6. Menggunakan pelembab ruangan atau humidifier


    Memahami pengaruh AC pada kulit begitu sangat penting agar Sahabat Kasih bisa melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan. Masalahnya, kulit terlalu kering dapat menyebabkan rasa tidak nyaman serta mempertegas tanda-tanda penuaan dini yang dapat mengganggu penampilan.