ini-5-cara-tepat-mengeluarkan-air-dari-telinga
Ini 5 Cara Tepat Mengeluarkan Air dari Telinga

Saat air masuk ke dalam telinga dalam jangka waktu yang lama dan berulang, risiko peradangan atau infeksi pada telinga akan meningkat. Salah satu gangguan yang bisa muncul adalah otitis media. Hal ini sebenarnya tidak boleh diabaikan begitu saja. Selain membuat tidak nyaman, telinga yang kemasukan air bisa memicu gangguan kesehatan.


Pada awalnya, gejala telinga kemasukan air bersifat ringan. Namun jika tidak segera diobati atau infeksi sudah menyebar, gejala akan bertambah parah. Gejala infeksi yang bersifat ringan meliputi:

  • Telinga tampak kemerahan

  • Gatal di saluran telinga

  • Nyeri saat daun telinga ditarik

  • Keluar cairan bening yang tidak berbau


Agar masalah telinga kemasukan air tidak berkembang menjadi kondisi yang mengkhawatirkan, sebaiknya segera upayakan untuk mengeluarkan air yang masuk ke telinga. 


Tindakan ini bisa Sahabat Kasih upayakan sebelum menggunakan obat telinga berair baik yang dibeli sendiri maupun dari dokter. Ada beberapa cara mengeluarkan air dari telinga yang bisa dilakukan, sehingga risiko terjadinya infeksi atau peradangan bisa dihindari. Berikut ini beberapa caranya: 


  1. Lap dengan Kain Kering 

Lap atau usap telinga dengan kain kering bisa menjadi salah satu cara mengeluarkan air. Kamu bisa mengelap bagian luar telinga secara perlahan, sambil memiringkan telinga yang kemasukan air.


  1.  Berbaring miring

Bila memungkinkan, cobalah untuk berbaring dengan posisi telinga yang kemasukan air menempel bantal. Tahan posisi cara mengeluarkan air dari telinga ini selama beberapa menit hingga air keluar dengan sendirinya.


  1. Mengunyah sesuatu

Untuk membantu membebaskan air sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah, gerakan mengunyah bisa membantu. Jika perlu, mengunyahlah sembari memiringkan kepala agar air makin mudah keluar.


  1.  Meneteskan air

Meneteskan air ke dalam telinga juga bisa menjadi cara mengeluarkan air dari telinga. Caranya, teteskan beberapa tetes air ke dalam telinga yang kemasukan air menggunakan tangan. Tunggu sekitar 5 detik, kemudian telinga yang kemasukan air agar menghadap ke bawah supaya air dapat mengalir ke luar telinga.


  1. Menggunakan pengering rambut

Panas dari pengering rambut juga bisa kamu gunakan sebagai cara untuk mengeluarkan air dari telinga. Pertama-tama, nyalakan pengering rambut dengan suhu terendah dan dekatkan ke telinga dengan jarak sekitar 30 sentimeter.


Jika Sahabat Kasih sudah mencoba berbagai cara mengeluarkan air dari telinga tetapi gagal, bahkan disertai pendengaran menjadi terganggu, nyeri telinga, maupun gejala infeksi telinga tengah lain. Segera periksakan diri ke dokter. Sebab, kondisi ini memerlukan pemeriksaan dan penanganan langsung oleh dokter untuk mencegah terjadinya komplikasi, termasuk kehilangan pendengaran.