hati-hati-ini-gejala-jantung-koroner-yang-sering-diabaikan
Hati-Hati Ini Gejala Jantung Koroner yang Sering Diabaikan

Menjaga kesehatan jantung sangat penting agar terhindar dari berbagai jenis penyakit jantung yang menjadi salah satu penyebab kematian di dunia. Namun masih banyak yang mengabaikan gejala penyakit jantung, termasuk di kalangan lanjut usia (lansia). 


Jantung memiliki fungsi vital sebagai pemompa darah untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Jika jantung mengalami gangguan akan berdampak pada terganggunya peredaran darah dalam tubuh. Karena itu, dibutuhkan perhatian agar jantung tetap sehat sehingga tidak berdampak buruk pada kesehatan lansia.


Gejala penyakit jantung koroner bisa terdeteksi dari kondisi kesehatan ringan yang tidak kamu sadari. Misalnya jantung berdetak kencang saat berolahraga atau kelelahan. 

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari gejala jantung koroner yang mungkin Sahabat Kasih miliki:


  1. Gangguan pernapasan

Pernapasan berhubungan erat dengan kerja jantung dalam memompa darah secara efektif. Jika jantung tidak bisa memompa cukup darah akan menyebabkan masalah pernapasan.


  1. Sakit di bagian dada

Seringkali, lansia mengabaikan sakit di bagian dada karena mengira itu gas atau asam lambung. Sesak atau nyeri di bagian dada bisa menjadi tanda serangan jantung. Arteri yang tersumbat dapat menyebabkan nyeri di dada. Meski jarang terjadi, orang bida mengalami serangan jantung tanpa nyeri di bagian dada.


  1. Keringat dingin dan mual

Ketika pembuluh darah menyempit, otot-otot jantung akan kekurangan oksigen sehingga menyebabkan suatu kondisi yang disebut iskemia. Kondisi ini akan memicu keluarnya keringat berlebih dan penyempitan pembuluh darah


  1. Kelelahan

Plak yang menumpuk pada arteri dapat menghambat kerja jantung sehingga jantung tidak dapat memompa cukup darah ke seluruh tubuh. Alhasil kamu merasa lebih cepat lelah dan pusing. 


  1.  Bengkak di bagian kaki

Pembengkakan di beberaoa bagian kaki bisa terjadi saat jantung tidak mampu memompa cukup darah. Bagian kaki yang bengkak biasanya di tungkai, telapak dan pergelangan


Itulah gejala penyakit jantung koroner yang tidak boleh Sahabat Kasih sepelekan. Apabila kalian mengalami salah satu gejala tersebut, jangan ragu untuk segera tanyakan dokter spesialis lewat aplikasi MyKado Kasih. Tentunya dokter yang profesional dan berpengalaman di MyKado Kasih siap membantumu untuk mengatasi berbagai keluhan penyakitmu. Yuk download MyKado Kasih sekarang.