amandel-membengkak-jauhi-minuman-dan-makanan-ini
Amandel Membengkak Jauhi Minuman dan Makanan Ini

Penyakit radang amandel umumnya membuat penderitanya sulit makan dan minum lantaran merasa tidak nyaman pada tenggorokan. Amandel yang membengkak dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan nyeri saat menelan. Agar tidak semakin parah, ada makanan dan minuman pantangan amandel yang sebaiknya dihindari.


Membengkaknya amandel terjadi karena infeksi bakteri, yakni umumnya adalah bakteri Streptococcus. Selain infeksi bakteri, kondisi ini bisa juga disebabkan oleh virus influenza dan adenovirus. Ketika amandel membengkak, maka warnanya menjadi kemerahan. Bahkan, bisa mengganggu jalur tenggorokan.


Penderita radang amandel disarankan untuk mengkonsumsi asupan padat nutrisi yang mudah ditelan untuk meredakan infeksi dan mempercepat penyembuhan. Pasalnya, tonsilitis membuat amandel bengkak sehingga menyulitkan penderita untuk menelan makanan.


Nah, untuk menghindari peradangan menjadi kian parah, ada beberapa makanan dan minuman pantangan untuk amandel yang juga perlu diperhatikan:


1. Makanan berlemak

Salah satu makanan pantangan amandel adalah makanan berlemak. Ya, sebisa mungkin, hindari makanan berlemak seperti olahan susu, daging merah, gorengan, atau kue manis. Makanan-makanan tersebut tidak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus sulit dicerna.


2. Minuman bersoda

Minuman berkarbonasi atau bersoda dapat menyebabkan reaksi yang mirip dengan alkohol dan dapat mengiritasi tenggorokan.


3. Makanan pedas

Bagi pecinta makanan pedas, sebaiknya tinggalkan dulu makanan-makanan favorit untuk sementara. Tak hanya makanan pedas saja, beberapa rempah yang menjadi pantangan amandel sebaiknya dihindari karena dapat membuat peradangan semakin parah.


4. Makanan kering

Mengonsumsi makanan yang kering akan membuat penderita radang amandel sulit untuk menelan makanannya. Makanan kering juga dapat menyebabkan rasa sakit di tenggorokan.


5. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji biasanya merupakan sesuatu yang digoreng dan memiliki tekstur yang kering. Penderita amandel dianjurkan untuk tidak mengonsumsi jenis makanan yang digoreng dan kering karena teksturnya yang terlalu keras di tenggorokan.