kulit-bersih-hidup-bahagia-cara-praktis-mengatasi-jerawat-punggung
Kulit Bersih, Hidup Bahagia: Cara Praktis Mengatasi Jerawat Punggung

Bukan hanya wajah, punggung juga merupakan bagian tubuh yang rentan tumbuh jerawat. Hal ini terjadi karena pori-pori tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak. Sumbatan tersebut memicu munculnya bakteri dan berkembang biak di area tersebut. Akibatnya, muncul peradangan dan pembengkakan atau yang disebut juga dengan jerawat. Jerawat punggung lebih memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan jerawat pada wajah, hal ini karena pori-pori di punggung lebih besar ukurannya. 


Sebelum tahu bagaimana cara mengatasi jerawat punggung, ada baiknya kita ketahui dulu apa penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab munculnya jerawat di area punggung:

  • Gen : Jerawat dapat muncul karena adanya gen dari keluarga. 

  • Hormon : Jerawat dapat muncul jika tubuh terjadi perubahan hormonal, seperti saat menstruasi dan kehamilan.

  • Keringat : Jerawat bisa juga muncul karena keringat dan pakaian yang terlalu ketat.

  • Stress : Stress memicu peningkatan kadar hormon kortisol, sehingga produksi minyak pada kulit meningkat.


Setelah memahami penyebab dari jerawat muncul di punggung, di bawah ini merupakan cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat punggung : 


  1. Konsumsi makanan sehat 

Makan sembarangan akan memicu melonjaknya gula darah yang berujung pada jerawat. Setelah mengetahuinya, coba untuk mengubah pola makan menjadi lebih sehat dengan mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, serta biji-bijian.


  1. Mandi setelah berkeringat

Salah satu cara menjaga kebersihan tubuh walau sering berkeringat adalah mandi. Jika terlalu lama didiamkan, keringat dapat menyumbat pori-pori, dan menyebabkan munculnya jerawat.


  1. Melakukan eksfoliasi 

Gunakan scrub pengelupasan yang lembut dari asam salisilat untuk menghilangkan kotoran dan minyak ekstrak dari kulit. Cara ini dapat membantu mengurangi jumlah kulit mati yang berisiko menyumbat pori-pori. Gunakan scrub yang gentle untuk menghindari kulit iritasi.


  1. Hindari penggunaan pakaian ketat

Mengenakan pakaian ketat saat berolahraga dapat menjebak kotoran dan keringat, sehingga berisiko masuk ke dalam pori-pori. Sebaiknya pilih pakaian longgar agar kulit dapat bernapas.


Itulah beberapa tips-tips yang wajib diingat untuk mengatasi jerawat punggung, Sahabat Kasih juga bisa mengubah pola hidup sehat untuk menghindari tumbuhnya jerawat di area punggung. Sahabat Kasih juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter-dokter yang ada di Kasih Group untuk masalah kulit yang lainnya.