tidak-perlu-stres-intip-5-tips-menghadapi-diabetes-pada-bumil
Tidak Perlu Stres, Intip 5 Tips Menghadapi Diabetes pada Bumil

Banyak para ibu hamil (bumil) pengidap diabetes yang khawatir akan kesehatan janin dalam kandungannya. Memang benar ada sejumlah kemungkinan komplikasi yang harus diwaspadai para bumil dengan kondisi diabetes. Namun, bukan berarti bunda tidak bisa memiliki bayi yang sehat. 

Selama kehamilan, para bumil diharuskan untuk selalu menjaga kesehatannya. Namun, berbeda dengan calon ibu yang memiliki kondisi diabetes, baik diabetes tipe 1 atau tipe 2. Selain harus berhadapan dengan perubahan pada tubuh, bumil dengan diabetes juga harus berhati-hati dalam memantau dan mengontrol kadar gula darahnya.

Jika diabetes dalam kehamilan tidak dapat terkontrol oleh bumill, baik itu diabetes tipe 1 atau 2 bisa menyebabkan berbagai komplikasi terhadap janin dalam kandungan dan Ibu itu sendiri.

Oleh karena itu, kondisi ini perlu dihadapi dengan tepat agar tidak menimbulkan risiko bagi bumil maupun janin. Agar kehamilan tetap sehat, ada beberapa cara menghadapi diabetes pada bumil, di antaranya:

  1. Rutin Periksa Gula Darah

Saat hamil, tingkat gula darah dalam tubuh ibu bisa berubah dengan cepat, karena tubuh memerlukan banyak energi. Karena itu, ibu hamil perlu mengecek kadar gula darahnya secara rutin, minimal tiga kali sehari untuk mencegah gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah. 

  1. Konsumsi Insulin

Untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap seimbang, minumlah obat atau insulin sesuai anjuran dokter. Insulin dapat disuntikkan melalui jarum suntik, pena insulin, atau melalui pompa insulin. Ketiga cara ini aman untuk bumil. 

  1. Pola Makan Sehat

Bumil biasanya disarankan untuk mengonsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, daging, produk olahan susu tanpa lemak, kacang-kacangan, ikan, dan makanan yang mengandung asam folat. Selain itu, Bumil juga disarankan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering, makan tepat waktu, dan tidak melewatkan sarapan. 


  1. Rutin Berolahraga

Bumil dianjurkan untuk berolahraga minimal 30 menit selama lima hari dalam seminggu. Jangan lupa untuk membicarakan terlebih dahulu dengan dokter kandungan jika bunda ingin mulai melakukan olahraga tertentu. 

  1. Rutin Periksa Kehamilan

Selain pemeriksaan gula darah, ibu hamil yang menderita diabetes juga perlu melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin, termasuk USG, guna memantau pertumbuhan dan perkembangan janin.