awas-bahaya-penyakit-buat-tubuh-ketika-suka-lembur
Awas Bahaya Penyakit Buat Tubuh Ketika Suka Lembur

Menjalankan aktivitas kerja lembur setiap malam bisa berbahaya bagi kesehatan, bahkan dapat mengundang berbagai penyakit, salah satunya serangan jantung.


Pekerjaan yang menumpuk dan tenggat waktu yang mepet membuat banyak orang memilih lembur. Namun, banyak orang tidak sadar akan bahaya kerja lembur bagi kesehatan. 


Pada umumnya, jumlah jam kerja sekitar 40 jam per minggu masih dianggap wajar. Namun, tidak sedikit orang memilih bekerja lebih dari 40 jam per minggu karena berbagai alasan, seperti tenggat waktu pengumpulan pekerjaan yang makin dekat, ingin menyelesaikan pekerjaan yang tertunda, atau menambah penghasilan.


Salah satu dampak utama dari kerja berlebihan ialah burn out, yakni kumpulan gejala akibat stres yang berlarut-larut di dunia kerja. Selain itu, penyakit jantung dan stroke juga dapat terjadi bila Sahabat Kasih terlalu banyak bekerja dalam jangka panjang.


Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang akan timbul bila sering bekerja hingga larut malam:

1. Penyakit jantung

Bekerja dalam waktu yang lama atau sekitar 55 jam per minggu dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke. Kondisi ini bisa terjadi karena lembur menyebabkan organ-organ tubuh, termasuk jantung bekerja lebih keras.

2. Waktu makan terganggu

Bekerja berlebihan juga berisiko membuat kalian melewatkan waktu makan atau tidak makan sama sekali. Kondisi ini bisa menyebabkan kadar gula darah turun. Akibatnya, wajar bila kalian akan makan secara berlebihan nantinya. Tidak cuma berlebihan, kalian mungkin juga tergoda untuk makan makanan yang kurang sehat, seperti junk food yang tinggi lemak dan garam.


3. Kecanduan stimulan

Bila sedang lembur, banyak yang mengkonsumsi suplemen penambah stamina agar dapat menjalankan pekerjaannya hingga larut malam. Ketergantungan akan suplemen ini berdampak terhadap komplikasi kecanduan. Akibatnya, akan mengalami gangguan saat tidur.


4. Diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pekerja yang sering lembur lebih rentan terkena penyakit diabetes tipe 2. Kondisi ini bisa terjadi karena jam kerja yang menjadi lebih panjang dapat mengganggu waktu istirahat malam dan mengakibatkan stres. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin.

5. Kanker

Ketika bekerja lembur, tubuh bisa mengalami stres fisik maupun stres psikologis. Dalam jangka panjang, kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko untuk menderita berbagai penyakit, termasuk kanker, seperti kanker usus besar dan kanker payudara.