ketahui-5-efek-samping-minum-pil-kb
Ketahui 5 Efek Samping Minum Pil KB

Selain bermanfaat untuk mencegah kehamilan, pil KB memiliki efek samping yang sering kali tidak disadari oleh penggunanya. Menurut data dari Kementerian Kesehatan, pil KB termasuk satu dari empat pilihan terbanyak metode KB di Indonesia.


Tidak hanya bisa membantu dalam perencanaan kehamilan, pil KB juga bisa digunakan untuk mengatasi menstruasi yang berat dan menyakitkan, endometriosis, atau sindrom pre menstruasi (PMS).


Pil KB terbagi menjadi dua jenis, yaitu pil KB yang berisi progestin saja dan pil KB kombinasi yang berisi hormon estrogen dan progestin. Jika diminum setiap hari sesuai aturan, efektivitas pil KB dalam mencegah kehamilan cukup tinggi dan tingkat kegagalannya hanya sekitar 1%.


Terlepas dari apapun tujuan penggunaannya, ada baiknya Sahabat Kasih ketahui dulu efek samping yang bisa disebabkan oleh pil KB sebelum mengonsumsinya. 


Berikut ini lima efek samping yang dapat terjadi ketika minum pil KB:


  1. Bercak darah di antara periode menstruasi

Keluarnya bercak darah atau perdarahan dari vagina di antara siklus menstruasi adalah efek samping pil KB yang paling umum, terutama selama beberapa bulan pertama penggunaan. Bercak bisa berupa perdarahan ringan atau keluarnya cairan berwarna coklat.


  1.  Sakit kepala dan nyeri payudara

Efek samping pil KB ini biasanya hanya terasa beberapa hari sekali. Keluhan ini bisa diatasi dengan obat pereda nyeri yang bisa dibeli di apotek, seperti paracetamol.


  1.  Kenaikan berat badan

Efek samping pil KB yang dari dulu banyak ditakutkan wanita adalah kenaikan berat badan. Efek samping ini memang ada jika pil KB mengandung estrogen dengan kadar yang tinggi sehingga membuat nafsu makan meningkat dan memicu penimbunan cairan di dalam tubuh.


  1. Siklus Terlewat

Minum pil KB bisa menyebabkan haid yang sangat ringan atau bahkan tidak ada sama sekali. Hal ini disebabkan oleh hormon yang dikandung pil tersebut. 


  1.  Perubahan suasana hati yang terjadi secara mendadak

Layaknya PMS, perubahan hormon yang terjadi karena pil KB dapat berpengaruh pada suasana hati. Jika mood swing yang dirasakan tidak terlalu parah, Sahabat Kasih bisa mencoba olahraga atau relaksasi untuk meredakannya.