cuaca-panas-ekstrem-ini-5-tips-merawat-kesehatan-kulit
Cuaca Panas Ekstrem, Ini 5 Tips Merawat Kesehatan Kulit

Cuaca panas yang terjadi belakangan ini perlu diantisipasi sehingga kondisi kesehatan Sahabat Kasih tetap terjaga. Pasalnya, beraktivitas di bawah terik panas rentan menimbulkan gangguan penyakit.

Dampak cuaca panas bagi kesehatan, antara lain dehidrasi dan heat stroke. Ada beberapa gangguan lain, yang perlu kalian waspadai sehingga bisa mengantisipasinya, seperti dampaknya terhadap kulit. 

Jika terlalu sering terpapar sinar matahari kulit bisa mendapat masalah seperti penuaan dini, bintik hitam, warna kulit tidak merata, hingga sunburn atau kulit terbakar. 

Ada beberapa cara untuk menjaga kulit tetap sehat dalam cuaca panas. Cara ini terbagi menjadi dua cara, yakni dari dalam dan luar. Dari luar, semisal menggunakan tabir surya, sedangkan dari dalam, harus memperbanyak minum air putih.

Nah berikut ini lima tips untuk menjaga kesehatan kulit di tengah cuaca panas yang melanda: 

  1. Gunakan sunscreen

Hal terpenting sebelum keluar rumah untuk beraktivitas adalah menggunakan sunscreen atau tabir surya di kulit wajah dan kulit tubuh kamu setiap hari. Pilihlah sunscreen dengan SPF 30 atau lebih. 

Penggunaan sunscreen ini penting dan vital fungsinya bagi kulit karena memiliki peran yang sangat besar untuk mencegah kulit terkena kanker dan bisa menjaga keremajaan kulit. Jangan sampai lupa ya!


  1. Menggunakan pakaian yang sesuai 

Jangan sampai salah kostum ketika bepergian. Ketika cuaca panas, sebaiknya pakai baju dengan bahan yang ringan dan longgar di tubuh. Kamu bisa mencari bahan katun atau linen yang mudah menyerap keringat alih-alih bahan kulit, poliester, atau wol yang menahan panas keluar. Pilih juga warna-warna terang seperti putih, krem, atau pastel untuk menyejukkan tubuh.

  1. Penuhi kebutuhan cairan

Cara merawat kulit saat cuaca panas lainnya dan tidak kalah penting adalah memenuhi kebutuhan cairan. Sebab cuaca yang panas bisa membuat tubuh dehidrasi dan kulit menjadi kering. Perbanyaklah minum air putih jika sehabis melakukan aktivitas di luar ruangan atau di bawah teriknya matahari. 

  1. Hindari mandi dengan air yang terlalu panas

Tahukah kamu bahwa mandi dengan menggunakan air yang terlalu panas bisa membuat kulit menjadi sangat kering dan rentan mengalami iritasi. Sebab air yang panas dapat mengikis minyak yang ada di kulit lebih cepat. Oleh karena itu mandilah dengan air suhu ruangan saja. Jangan berendam lama karena ini juga menjadi penyebab kulit kering. Cukup berendam sekitar 5-10 menit saja.

  1. Cuci muka

Cucilah muka setelah bangun tidur, setelah berkeringat, dan sebelum tidur. Hal ini penting untuk diingat, sebab mencuci muka ketika bangun tidur akan berfungsi menghilangkan kotoran yang menempel di wajah saat kamu tidur. Sedangkan ketika wajah kamu berkeringat, pada sebagian orang, bisa menyebabkan munculnya jerawat.