catat-ini-bunda-tips-mudik-bareng-si-kecil-agar-tetap-nyaman-dan-aman
Catat Ini Bunda! Tips Mudik Bareng Si Kecil Agar Tetap Nyaman dan Aman

Saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, mudik merupakan tradisi warga Indonesia untuk merayakan lebaran bersama keluarga besar di kampung halaman. Tentunya, saat mudik akan menempuh perjalanan jauh dan memakan waktu yang cukup panjang.  


Membawa si Kecil untuk perjalan jauh saat mudik lebaran memang sangat merepotkan, apalagi jika ini adalah momen mudik pertama kali bersama si Kecil. Namun, jangan khawatir ya, Bunda. Kalau semua dipersiapkan dengan baik, tentunya perjalanan mudik Bunda dan si Kecil terasa menyenangkan. Agar Bunda tidak khawatir dan bisa menikmati perjalanan selama mudik, di bawah ini adalah tips yang harus Bunda catat.


  1. Pastikan Barang Si Kecil Sudah Siap

Hal yang perlu Bunda perhatikan jangan membawa barang bawaan si Kecil terlalu banyak, cukup barang-barang yang memang dibutuhkan si Kecil. Barang-barang si Kecil yang harus  dibawa adalah barang kebutuhan pokok si Kecil, seperti popok, alat mandi,  tisu, makanan bayi, susu formula, selimut, beberapa baju, dan mainan. Jangan lupa untuk sediakan kotak P3K untuk jaga-jaga jika si Kecil terkena alergi atau gigitan serangga. Secara umum, isi dari kotak P3K untuk si Kecil adalah termometer, obat luka, plester, perban, kasa, kapas steril, obat demam dan nyeri, seperti paracetamol atau obat yang sudah diresepkan oleh dokter. 


  1. Pilih Moda Transportasi yang Nyaman

Salah satu cara agar si Kecil tidak rewel saat perjalanan adalah membuat si Kecil nyaman. Untuk itu, sangatlah penting jika Bunda memilih atau menentukan moda transportasi yang nyaman untuk si Kecil dan sesuai dengan kondisi si Kecil. Jika Bunda ingin menggunakan pe sawat atau kereta, Bunda bisa untuk melakukan survei terlebih dahulu. Bunda bisa menanyakan mengenai fasilitas yang mendukung jika membawa anak-anak. Namun, kalau Bunda ingin membawa kendaraan pribadi seperti mobil, Bunda disarankan untuk menyiapkan car seat agar terjaga keselamatannya. Car seat bisa Bunda pasangkan di kursi belakang. Bila perlu, Bunda juga bisa menambahkan tirai agar si Kecil terhindar dari sinar matahari secara langsung. 


  1. Tentukan Jadwal Perjalanan dengan Tepat

Agar si Kecil tidak rewel selama di perjalanan, pastikan Bunda memilih waktu yang tepat untuk berangkat agar tidak mengganggu jadwal tidur si Kecil. Kalau si Kecil tidak rewel selama perjalanan mudik, Bunda juga bisa menikmati pemandangan selama di jalan bersama si Kecil.


  1. Cukupi Kebutuhan Minum dan Makan

Untuk membuat si Kecil tetap berenergi, yang perlu diperhatikan adalah untuk mencukupi kebutuhan makan dan minum Si Kecil selama perjalanan mudik Lebaran agar mencegahnya dari berbagai masalah kesehatan, seperti mabuk perjalanan, dehidrasi, sembelit, dan diare. Paling tidak Bunda harus menyiapkan cemilan atau susu untuk si Kecil agar tidak mengganggu perjalanan mudik.


  1. Ciptakan Suasana yang Nyaman


Agar si Kecil tetap anteng selama perjalanan, seringlah Bunda berinteraksi dengan si Kecil. Ajaklah si Kecil untuk bermain dengan mainannya, membacakan buku atau hanya sekedar ngobrol dan bercerita. Bunda juga bisa memberikan pijitan-pijitan kecil agar tidak pegal dan tetap tenang dan rileks diperjalanan.


Membawa si Kecil saat perjalanan mudik memang merepotkan, tapi kalau Bunda mengikuti tips-tips di atas ini dijamin mudik akan lebih nyaman dan menyenangkan. Hal yang terpenting adalah pastikan Bunda dan si Kecil dalam kondisi yang sehat ketika pergi mudik agar bisa berkumpul bersama keluarga besar dan merayakan hari raya bersama-sama.