benarkah-berbahaya-mandi-air-es-saat-cuaca-panas
Benarkah Berbahaya Mandi Air Es saat Cuaca Panas?

Sekarang ini sedang ramai di media sosial ide tentang mandi air es di saat cuaca panas untuk menghilangkan gerah dan rasa tidak nyaman. Hal ini menuai pro dan kontra, ada yang setuju dan tidak sedikit juga yang melarang. Alasannya, mandi menggunakan air es ini dianggap berbahaya untuk kesehatan. 


Apakah benar mandi es ini berbahaya?


Mandi es saat suhu tubuh dalam keadaan panas memang cukup berbahaya, ada sejumlah risiko kesehatan yang bisa muncul, terutama berkaitan dengan organ jantung dan pembuluh darah, di antaranya:

  1. Syok termal 

Perubahan suhu yang tiba-tiba dapat menyebabkan syok termal bagi tubuh. Ketika terjadi, akan muncul rasa tidak nyaman, pusing, bahkan hingga pingsan.

  1. Kontraksi otot 

Air dingin dapat menyebabkan otot-otot tubuh berkontraksi dengan cepat. Hal ini dapat terjadi kram otot mendadak di bagian tubuh tertentu, misalnya seperti kaki.

  1. Masalah jantung

Untuk mereka yang memiliki masalah jantung tertentu, paparan mendadak dengan air dingin bisa menyebabkan tekanan di jantung. Efeknya dapat terjadi serangan jantung mendadak.

  1. Masalah pernapasan

Menghirup udara yang sangat dingin saat mandi bisa membuat proses bernapas menjadi lebih sulit. Hal ini terutama dapat terjadi kepada mereka yang memiliki asma atau kondisi pernapasan lainnya.


Meski begitu, jika mandi menggunakan air es juga memiliki manfaat yang baik. Misalnya meredakan otot yang tegang atau bahkan mengurangi peradangan. Namun sebaiknya tunggu suhu tubuh lebih dingin dan jangan memaksakan diri.