5-manfaat-mencuci-tangan-menggunakan-sabun
5 Manfaat Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

Mencuci tangan tidak hanya dapat membersihkan tangan dari kotoran yang menempel. Mencuci tangan sudah terbukti sebagai cara paling efektif untuk mencegah kuman dan virus, hingga mencegah penularan penyakit. Mencuci tangan menggunakan sabun bisa dilakukan setidaknya 20 detik untuk dapat membersihkan semua kotoran, bakteri, dan kuman yang menempel. Tetapi, Sahabat kasih yang tidak memiliki akses terhadap air bersih dapat menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60 persen. 


Berikut beberapa manfaat mencuci tangan menggunakan sabun:

  1. Mencegah penyebaran bakteri

Barang-barang yang Sahabat Kasih sentuh bisa menjadi sarang bakteri yang bisa membahayakan kesehatan. Mencuci tangan dengan teratur, khususnya setelah dari kamar mandi, sudah dibuktikan dapat membunuh bakteri sehingga resiko penyebarannya dapat dikurangi.

  1. Menurunkan risiko diare

Kolera dan tifus bisa jadi merupakan gejala dari masalah diare. Selain itu, diare juga bisa meningkatkan risiko kematian kepada anak-anak dengan usia dibawah lima tahun jika tidak diatasi dengan cepat. Mencuci tangan dengan sabun sudah terbukti dapat menurunkan risiko diare dan masalah kesehatan lainnya.

  1. Mencegah infeksi

Tangan yang kotor bisa menjadi risiko infeksi, seperti mata dan kulit. Selain itu, menggosok mata dengan tangan yang kotor dapat menimbulkan resiko infeksi bakteri yang memicu kebutaan. Bakteri yang masuk ke dalam kulit juga dapat menembus ke bagian kulit terdalam dan mencapai organ-organ di dalam tubuh sehingga dapat berbahaya untuk kesehatan jika kasus tersebut dibiarkan. Mencuci tangan dengan sabun, bakteri dan kuman bisa mati sehingga risiko infeksi bisa diatasi.

  1. Menurunkan risiko sepsis

Sepsis merupakan reaksi secara berlebihan yang diberikan oleh tubuh ketika mengalami infeksi. Sepsi merupakan kondisi darurat yang dapat meningkatkan risiko kematian jika tidak segera ditangani. Salah satu cara mencegah sepsis yaitu dengan mencuci tangan menggunakan sabun, termasuk sebelum dan sesudah merawat orang yang sedang sakit.

  1. Menurunkan risiko terkena penyakit

Mencuci tangan dengan sabun merupakan cara yang paling mudah untuk menurunkan risiko penyakit. Beberapa masalah kesehatan yang bisa ditularkan melalui tangan yang kotor, seperti selesma, flu, dan COVID-19. Mencuci tangan tidak hanya membuat tangan menjadi bersih, tetapi juga bisa menurunkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius.


Memahami manfaat mencuci tangan menggunakan sabun sangatlah penting, karena tidak hanya membantu tangan menjadi bersih saja. Kebiasaan baik ini harus dilakukan secara rutin agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari masalah kesehatan yang lainnya.