mengenal-bunga-kitolod-serta-beberapa-manfaatnya-untuk-kesehatan
Mengenal Bunga Kitolod Serta Beberapa Manfaatnya untuk Kesehatan

Berbagai macam jenis tumbuhan memberi manfaat untuk manusia, salah satunya adalah bunga Kitolod. Tanaman dari Hindia Barat ini dikenal dengan nama lain daun tolod, sangkobat, kendali, dan korenjat. Kandungan dalam bunga kitolod dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut penjelasan lebih lengkap tentang bunga kitolod.


Bunga kitolod tumbuh liar di pinggir saluran air atau sungai, pematang sawah, dan tempat lainnya yang lembab dan terbuka. Mengutip dari farmasi UGM, bunga kitolod bisa ditemui di dataran rendah hingga daerah dengan ketinggian 1.100 mdpl. Mengutip buku khasiat dan manfaat kitolod, Penakluk Gangguan Mata karya Iskandar Ali, SE. kitolod sering disebut dengan beberapa nama lain seperti Star of Bethlehem, Madam Fate dan Star Flower


Bunga kitolod beserta daunnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari obat tetes mata, kanker, gigi, hingga luka.

  1. Menjadi Obat Mata

Bunga kitolod dapat menjadi obat alami untuk iritasi mata. Caranya, kamu bisa ambil bagian kuntum bunga sampai pada bagian pangkal tangkainya. Setelah itu, cuci bersih dan rendam tangkai dengan air bersih selama beberapa menit. Kemudian, kamu bisa mengambil beberapa tetes air rendaman tadi pada mata yang mengalami iritasi. Kamu mungkin akan merasa perih pada saat menggunakannya pertama kali dan berarti obat ini bekerja dengan baik untuk mengobati iritasi mata.


  1. Mengobati Kanker

Mengutip jurnal Fitokimia dan Farmakologi Tumbuhan Kitolod oleh Andi Permana dkk dari Universitas Buana Perjuangan Karawang, menurut penelitian, bunga kitolod memiliki kandungan metabolit sekunder golongan flavonoid, fenolik, steroid, dan alkaloid. Hal tersebut membuktikan bahwa bunga kitolod mengandung antioksidan yang bisa memutus reaksi berantai dari radikal bebas, sehingga dapat mencegah kerusakan jaringan.


  1. Mengatasi Sakit Gigi

Daun bunga kitolod dapat digunakan untuk menghilangkan nyeri karena sakit gigi. Caranya dengan menumbuk dua lembar daun bunga kitolod sampai halus, lalu letakkan ke dalam gigi yang berlubang.


  1. Mengobati Radang Tenggorokan hingga Asma

Daun bunga kitolod sering digunakan untuk membantu mengobati radang tenggorokan, bronkitis dan asma. Caranya yaitu rebut 2-3 helai daun kitolod yang bersih. Lalu, saring dan minum airnya 2x sehari.


  1. Mengobati luka 

Tanaman bunga kitolod juga dimanfaatkan sebagai obat luka ringan, seperti lecet. Cara menggunakannya yaitu tumbuh daun hingga halus, lalu balurkan pada area luka dan sekitarnya.


Begitulah penjelasan mengenai beberapa manfaat dari tanaman bunga kitolod. Apakah Sahabat Kasih tertarik untuk mencobanya?