waspada-impetigo-bakteri-yang-suka-menyerang-kulit-si-kecil
Waspada Impetigo! Bakteri yang Suka Menyerang Kulit Si Kecil

Impetigo adalah salah satu penyakit kulit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pyogenes. Impetigo biasanya terjadi pada area wajah, lengan, dan kaki.


Sebenarnya, impetigo bisa dialami oleh siapa saja, tetapi infeksi ini lebih umum terjadi pada anak-anak yang berusia 2 sampai 5 tahun. Infeksi pada kasus impetigo biasanya berawal dengan munculnya luka kecil atau ruam seperti eksim.


Meski bukan menjadi kondisi serius yang perlu dikhawatirkan. Namun, bunda harus waspada karena penyebaran bakteri impetigo mudah terjadi dari satu anak ke anak lainnya. Serangan infeksi bisa menyerang kulit sehat yang disebut impetigo primer  dan akibat dari kondisi lainnya atau impetigo sekunder. Impetigo sekunder bisa terjadi karena eksim atopik. 


Penyebab Impetigo

Penyebab utama impetigo adalah infeksi bakteri. Bakteri dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita atau melalui perantara berupa barang yang sebelumnya digunakan oleh penderita, seperti baju atau handuk.

Infeksi lebih mudah menular jika ada luka terbuka, seperti luka goresan, gigitan serangga, atau cedera akibat terjatuh. Luka tersebut menyebabkan bakteri lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Impetigo juga dapat muncul akibat kelainan kulit lainnya, seperti eksim atopik atau kudis.


Gejala Impetigo 

Gejala dari infeksi ini berupa ruam yang terasa begitu gatal, ruam berisi cairan dan mudah pecah, kulit yang memerah dan berkerak ketika ruam pecah, dan bengkaknya kelenjar getah bening yang berada di dekat kulit yang terluka.


Jika Sahabat Kasih merasa demam, ruam terasa membengkak dan sakit, ruam berwarna kemerahan lebih dari sebelumnya, dan ruam terasa hangat ketika disentuh, segera periksakan diri ke dokter. Pasalnya, gejala tersebut menunjukkan bahwa impetigo yang kamu alami harus mendapatkan perawatan. 


Segera kunjungi rumah sakit di bawah naungan Kasih Group untuk langsung melakukan pemeriksaan bersama dokter spesialis kulit di sana. Sahabat Kasih juga bisa atur janji dengan dokter melalui aplikasi MyKado Kasih yang bisa diunduh melalui PlayStore.