muncul-jerawat-di-kepala-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya
Muncul Jerawat di Kepala, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jerawat memang jadi salah satu permasalahan kulit yang umum dialami siapa saja. Tidak hanya di wajah, jerawat di kepala juga bisa muncul. Memang, jenis jerawat ini tidak mudah terlihat kemunculannya. Namun, bisa menimbulkan rasa gatal hingga nyeri, terutama saat sedang menyisir rambut.  


Sama seperti jerawat di wajah atau area tubuh lainnya, penyebab jerawat di kepala adalah penyumbatan pori-pori akibat folikel rambut, penumpukan sel kulit mati, dan produksi minyak berlebih atau sebum. 


Selain itu, risiko tumbuhnya jerawat di kulit kepala juga meningkat jika Sahabat Kasih menderita penyakit tertentu, seperti diabetes, leukemia, atau HIV/AIDS. Penyakit-penyakit tersebut dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga Anda menjadi mudah terserang infeksi.

Faktor Penyebab Munculnya Jerawat di Kepala

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang menyebabkan pori-pori kulit kepala tersumbat sehingga memicu timbulnya jerawat di kepala:


  • Kurang menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala

  • Tidak segera keramas setelah berolahraga atau setelah pulang dari bepergian

  • Menggunakan produk perawatan rambut yang kurang cocok dengan kulit kepala, misalnya sampo atau minyak rambut

  • Terlalu lama menggunakan topi atau helm sehingga membuat kulit kepala berkeringat


Setelah mengenali penyebab jerawat kepala, kini saatnya Sahabat Kasih mengetahui cara menghilangkannya dengan tepat. Pada dasarnya, ada beberapa cara mengatasi jerawat di kepala yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Cara menghilangkan jerawat di kepala adalah sebagai berikut: 


  • Membersihkan rambut dan kulit kepala secara rutin, terutama setelah beraktivitas, berolahraga, atau memakai penutup kepala

  • Menggunakan produk pembersih rambut dan kulit kepala yang berbahan ringan dan lembut

  • Menjaga kebersihan tempat tidur dengan mengganti sarung bantal dan sprei secara berkala untuk menghindari tungau yang dapat menginfeksi kulit kepala

  • Memastikan alat cukur yang akan digunakan untuk memotong rambut selalu dalam keadaan bersih