jangan-panik-dulu-ini-bedanya-benjolan-kanker-dan-benjolan-biasa
Jangan Panik Dulu, Ini Bedanya Benjolan Kanker dan Benjolan Biasa

Sebagian orang tentu cemas ketika menemukan adanya benjolan di tubuhnya. Namun, sebenarnya tidak semua benjolan bersifat serius dan perlu penanganan segera. Agar lebih jelas, sebaiknya ketahui perbedaan pembengkakan di tubuh yang berbahaya dan tidak. 


Benjolan kanker yang bisa dirasakan secara fisik bisa muncul di payudara, testis, leher, lengan, serta kaki. Jika benjolan menunjukkan tanda-tanda tersebut, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis dan penanganan yang tepat.


Namun, ingatlah bahwa, tak semua benjolan otomatis menandakan kanker, benjolan yang tumbuh juga bisa merupakan tumor jinak. Benjolan ini memiliki karakteristik yang berbeda dari benjolan kanker.


Munculnya benjolan di area tubuh tertentu bisa menjadi salah satu gejala kanker yang paling umum. Meski begitu, tidak semua benjolan atau tumor mengarah pada keganasan atau kanker. Terdapat berbagai perbedaan benjolan biasa dengan benjolan kanker yang bisa kamu kenali.


Benjolan biasa dan benjolan kanker memiliki beberapa perbedaan. Meskipun tidak semua benjolan merupakan tanda dari kanker. Berikut adalah beberapa perbedaan antara benjolan biasa dan benjolan kanker:


  1. Bentuk dan ukuran: Benjolan kanker biasanya memiliki bentuk dan ukuran yang tidak merata, sedangkan benjolan biasa biasanya memiliki bentuk dan ukuran yang merata.

  2. Gerakan: Benjolan kanker biasanya tidak bergerak saat digerakkan, sedangkan benjolan biasa biasanya bergerak saat digerakkan.

  3. Rasa nyeri: Benjolan kanker biasanya tidak menyakitkan, sedangkan benjolan biasa biasanya menyakitkan saat ditekan.

  4. Perubahan ukuran: Benjolan kanker biasanya mengalami perubahan ukuran dalam waktu singkat, sedangkan benjolan biasa biasanya tidak mengalami perubahan ukuran.

  5. Perubahan kulit: Benjolan kanker biasanya menyebabkan perubahan pada kulit seperti warna yang berubah, muncul bercak, atau muncul kulit yang membengkak.