Lainnya

Menampilkan 1-5 dari 182 hasil
Diposkan pada 22 November 2017

Senam hamil adalah terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil, secara fisik ataupun mental, untuk menghadapi persalinan yang cepat, aman dan spontan.
Senam hamil biasanya dimulai sejak usia dini, namun biasanya di lakukan saat kehamilan memasuki trisemester ketiga, yaitu sekitar usia 28-30 minggu kehamilan. Selain untuk menjaga kebugaran, senam hamil juga diperlukan untuk meningkatkan kesiapan fisik dan mental calon ibu selama proses persalinan.

Berikut beberapa tujuan senam hamil:
1. Menguasai teknik pernapasan. Latihan pernapasan sangat bermanfaat untuk mendapatkan oksigen, sedangkan teknik pernapasan dilatih agar ibu siap menghadapi persalinan.
2. Memperkuat elastisitas otot.Memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot-otot dinding perut, sehingga  dapat mencegah atau mengatasi keluhan nyeri di bokong, di perut bagian bawah dan keluhan wasir.
3. Mengurangi keluhan. Melatih sikap tubuh selama hamil sehingga mengurangi keluhan yang timbul akibat perubahan bentuk tubuh.
4. Melatih relaksasi. Proses relaksasi akan sempurna dengan melakukan latihan kontraksi dan relaksasi yang diperlukan untuk mengatasi ketegangan atau rasa sakit saat proses persalinan.
5. Menghindari kesulitan. Senam ini membantu persalinan sehingga ibu dapat melahirkan tanpa kesulitan, serta menjaga ibu dan bayi sehat setelah melahirkan.
6. Memperkuat dan mempertahankan kelenturan otot-otot dinding perut dan dasar panggul yang penting dalam proses persalinan.
7. Mengurangi kecemasan dan ketegangan selama kehamilan
8. Melatih berbagai tehnik pernafasan yang penting agar persalinan dapat berjalan lancar dan lebih cepat
9. Memperlancar persalinan normal secara fisik dan mental
10. Meningkatkan mood dan pola tidur ibu
11. Mempercepat penurunan berat badan ibu setelah melahirkan 

Kelompok Senam Hamil di RS Betha Medika ada di Setiap Hari Kamis & Sabtu jam 10.00 di Aula Gedung Baru RS Betha Medika. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi bagian Pemasaran di Susan : 0896 0518 0140 / M Ridwan  : 0856 9367 6714
Salam Semakin sehat, untuk kita semua dari kami, keluarga Besar Rumah Sakit  Betha Medika.

Diposkan pada 22 November 2017

?Selamat Pagi Sahabat RS KARTIKA KASIH, Satu lagi nie keunggulan dari kami yaitu alat operasi canggih, nyaman tanpa sayatan besar, kita kenal dengan nama LAPARASKOPI.

Apakah Operasi Laparaskopi??
Operasi laparaskopi merujuk pada teknik khusus dimana operator atau dokter bedah melakukan operasi melalui beberapa insisi kecil pada kulit perut dengan bantuan kamera. Operasi ini dikenal juga dengan operasi minimal invasif. Luka yang ditimbulkan jauh lebih kecil dibandingkan dengan operasi konvensional. Secara general dapat disimpulkan bahwa dengan tujuan operasi yang sama namun dapat dilakukan dengan luka yang kecil

Apakah Keuntungan Laparaskopi dibandingkan Operasi Konvensional??
Dengan operasi Laparaskopi lama rawat dirumah sakit akan berkurang, sedikit terpapar dengan infeksi rumah sakit, lebih sedikit infeksi pada luka operasi, nyeri lebih ringan, dan waktu pemulihan lebih cepat. Dari sisi operator, keuntungan laparaskopi antara lain dapat lebih mudah membebaskan apabila ditemukan pelengketan, trauma akibat operasi dapat diminimalisasi, mengurangi keperluan transfusi darah, dan dapat memperbaiki pemulihan pada orangtua dan pasien yang overweight

Apakah Indikasi Operasi Laparaskopi??
Pada hari - hari dimana laparaskopi dapat menggantikan operasi konvensional yang memerlukan luka operasi yang cukup besar, sementara laparaskopi hanya membutuhkan luka operasi kecil. Organ yang dapat di operasi dengan laparaskopi antara lain usus besar, usus halus, lambung,kandung empedu, hati dan pankreas.

Jenis Penyakit Yang bisa di operasi Laparaskopi :
1. Organ Usus besar : diverticus, polip usus, kanker usus
2. Organ Lambung : Perforasi Lambung
3. Organ Kandung Empedu : batu kandung empedu
4. Organ Usus Halus : Hernia, perforasi dinding usus, tumor usus
5. Organ Hati : kista, abses, biopsy, tumor hati
6. Organ Pankreas : tumor pankreas

Oke sahabat... itulah sekilas info tentang kami, alat kami yang ada di RS KARTIKA KASIH, Semoga bermanfaat buat masyarakat yang membacanya dan yang terpenting jaga kesehatan, keluarga sehat. Salam Hangat dari kami RS KARTIKA KASIH.

Diposkan pada 22 November 2017

 

Sahabat Betha..! Selamat Pagi, Apa kabar hari ini ? mudah - mudahan semuanya dalam kondisi sehat ya, Seperti biasa, saatnya RS Betha Medika memberikan informasi seputar kesehatan,.....Untuk Kali ini Kepala Instalasi Unit Gizi RS Betha Medika, Annisa Nurmala,AMG akan berbagi informasi seputar " Ayo Dukung GERMAS Dengan Mengkonsumsi Buah dan Sayur Setiap Hari " mudah-mudahan informasi ini dapat menambah luas wawasan kita tentang dunia kesehatan ya.........

Gerakan masyarakat hidup sehat atau lebih dikenal dengan singkatan GERMAS adalah slogan yang digagas oleh Kementerian Kesehatan. Ada 7 langkah yang bisa dilakukan masyarakat dalam rangka membiasakan pola hidup sehat yaitu : 1. Melakukan aktifitas fisik; 2. Mengkonsumsi sayur dan buah; 3. Tidak merokok; 4. Tidak mengkonsumsi alkohol; 5. Memeriksa kesehatan secara rutin; 6.Membersihan lingkungan; 7. Menggunakan jamban.
Salah satu langkah gerakan masyarakat hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, juga mengurangi makanan junkfood dan minuman bersoda. Hasil penelitian riset kesehatan dasar menyatakan masih banyak penduduk yang tidak cukup mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yaitu sebanyak 93,5% penduduk usia >10tahun mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dibawah anjuran. Padahal, konsumsi sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu bagian penting dalam mewujudkan Gizi Seimbang.
Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin, mineral dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan berperan sebagai antioksidan atau penangkal senyawa jahat dalam tubuh. Dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup turut berperan dalam menjaga kenormalan tekanan darah, kadar gula dan kolesterol serta menurunkan risiko sulit buang air besar (BAB/sembelit) dan kegemukan. Sehingga turut berperan dalam pencegahan penyakit tidak menular kronik seperti penyakit jantung koroner, hipertensi, dan diabetes mellitus tipe 2. 
Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI telah menentukan porsi makan sayuran dan buah-buahan yang ideal bagi orang sehat yaitu sebanyak 400gram perorang perhari yang terdiri dari 250 gram sayur dan 150gram buah.
Sayur memiliki porsi lebih banyak, setidaknya 250 gram atau setara dengan 2½porsi. 1porsi sayur sama seperi 1 gelas belimbing sayur yang sudah dimasak dan ditiriskan airnya. Anda dapat membaginya menjadi 3x waktu makan, misalnya pagi ½porsi sayur, siang 1 porsi sayur dan malam hari 1 porsi sayur. 100 gram atau 1 gelas sayur bayam, kangkung, terong, kol, kembang kol dan buncis mengandung 25 kalori, 5 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Sedangkan untuk bayam merah, daun katuk, nangka muda, daun singkong dan daun pepaya memiliki kalori yang lebih tinggi dalam 100gramnya, yaitu 50 kalori, 10 gram karbohidrat dan 3 gram protein. Namun, anda bisa bebas makan ketimun, selada air, lobak atau jamur kuping karena jenis sayuran tersebut tidak memiliki kalori.
Untuk konsumsi buah sedikitnya 150gram dalam sehari atau 3porsi perhari. Dalam 1 porsi buah terdapat 50 kalori dan 12 gram karbohidrat yang setara dengan 1 buah apel merah kecil atau 1 buah jeruk medan sedang, atau 1 potong melon atau 1 buah pisang ambon. Anda dapat membagi jatah buah menjadi beberapa kali makan, bisa 3 kali atau lebih. 
Sesuai prinsip gizi seimbang, anda harus makan banyak sayuran dan cukup buah-buahan. Walaupun sayuran dan buah-buahan mempunyai nilai gizi yang sama, banyak mengandung vitamin, mineral dan serat tetapi beberapa jenis buah memiliki jumlah gula yang tinggi. Gula yang terdapat dalam buah disebut fruktosa, salah satu jenis karbohidrat sederhana yang dapat meningkatkan gula darah anda. Semakin matang buah, maka semakin tinggi jumlah fruktosa dan glukosanya, sehingga menimbulkan rasa yang manis. 
Untuk beberapa kelompok orang seperti penderita diabetes mellitus hal ini harus diperhatikan sebab mengkonsumsi buah yang sangat manis bisa membuat gula darahnya naik dengan cepat. Bukan berarti makan buah tidak baik, tetapi sebaiknya anda mengikuti anjuran porsi makan sayuran dan buah-buahan yang dianjurkan bagi orang yang normal dan sehat. Jika anda mengalami suatu kondisi medis tertentu, maka bisa saja porsi makan buah dan sayur anda kan berbeda dengan orang sehat.
Semoga Artikel ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian, Salam Semakin sehat, untuk kita semua dari kami, keluarga Besar Rumah Sakit  Betha Medika.
Selamat hari kesehatan nasional. Sehat keluargaku Sehat Indonesiaku.

Diposkan pada 20 November 2017

Selamat pagi sahabat kami akan sedikit berbagi info tentang unit Radiologi, yg akan memberikan informasi yaitu ibu Yenny Sri Ratnaningsih Dipl Rad beliau sebagai kepala ruangan di unit radilogi RS KARTIKA KASIH
Radiologi RS KARTIKA KASIH mempunyai beberapa alau untuk pemeriksaan radiologi, diantaranya yaitu :
1. Radiologi Diagnostik Konvensional
2. USG ( Ultra Sonografi )
3. MSCT ( Multi Slice Computer Tomografi )
- Radiologi Diasnostik Komvensiaonal merupakan alat pemeriksaan rontgendasar dengan sumber sinar X yang akan menembus tubuh manusia dengan faktor exposi yang cukup guna mendapatkan hasil gambar yang maximal. Hasil gambar pemeriksaan rontgen dasar ini seperti film hitam putih hanya tulang tengorak manusia dan beberapa siluet organ lainnya.
Radiologi dengan sumber sinar x ini tidak diperkenankan bagi ibu hamil dan jika memang memerlukan periksaan radiologi kondisi kehamilan yang aman adalah trisemester terakhir. Karena dalam trisemester ini bayi sudah lengkap pertumbuhan organ tubuhnya.
- USG ultrasonografi yaitu salah satu pemeriksaan penunjang yang merupakan bagian dari radiologi. Dengan menggunakan sumber gelombang frekuensi dengan kedalaman standar 2,5 sd 3,5 MHz yang akan menembus organ tubuh kita untuk mengetahui kelainan yang terdapat didalam tubuh kita. contohnya : kelainan hati, empedu, ginjal, pancreas, saluran perkemihan atau dalam bahasa medis vesica urinaria serta uterus jika pasien wanita dan prostat jika pasien pria.
- Satu lagi pemeriksaan yang lebih canggih yaitu MSCT / CT Scan. MSCT atau multi slice computer tomografi adalah teknik pemeriksaan lebih canggih dibandingkan pemeriksaan rontgen dasar, sumber nya masih sama yaitu sinar x jumlah radiasi sinar x pun dikeluarkan lebih besar dibandingkan pemeriksaan rontgen dasar. keuanggulan gambar yg didapat bisa dengan 3D. Pemeriksaan dengan alat seperti Donut besar ini dengan detektor yang didalam nya mampu menghasilkan gambaran potongan lebih detail, untuk melihat seluruh organ tubuh kita.
Pemeriksaan ini wajib dengan rujukan dokter dan tidak menerima APS ( Atas Permintaan Sendiri ) karena sesuai dengan PERKA BAPETEN NO 8 2011 Pasal 24 ayat 1
oke info hari ini cukup sekilan tentang Radiologi RS KARTIKA KASIH, semoga bermanfaat buat masyarakat yang membacanya dan terpenting jaga kesehatan untuk menuju Kota Sukabumi Sehat,
Salam RADIOLOGI KARTIKA KASIH ,
RADIASI : Ramah Disiplin Aman dan Simpati

Diposkan pada 17 November 2017

 

RS Betha Medika mengadakan kegiatan Hospital Tour untuk Anak Mulai dari ,tingkat KOBER ( Kelompok Bermain ) , PAUD , TK dan Juga Tingkat SD. Melalui Kegiatan ini Anak-anak diperkenalkan secara umum tentang rumah sakit dan beragam profesi yang ada di rumah sakit.Selain itu, anak-anak juga mendapatkan edukasi kesehatan dari Komite Pencegahan & Pengendalian Infeksi (PPI) tentang pentingnya kebiasaaan cuci tangan dan etika batuk yang baik dan benar, hal ini sangat penting untuk ditanamkan sejak dini demi kesehatan. Hal yang menarik dalam kegiatan ini adalah saat anak-anak diajak berkeliling ke unit-unit pelayanan mengenakan masker. Mulai dari Ruangan Rawat Inap, Radiologi , Laboratorium dan Instalasi Gizi. supaya dapat tertanam di dalam benak anak-anak bahwa rumah sakit tidak seseram yang dibayangkan, mengingat selama ini anak-anak masih takut diperiksa ke dokter atau diajak ke rumah sakit untuk berobat. Rute yang dilalui pun telah disiapkan khusus sebelumnya,sehingga anak-anak tidak bersinggungan Langsung dengan pasien yang dirawat dan tidak mengganggu kenyamanan pasien. Selain itu juga anak - anak belajar bermain peran sesuai dengan cita - cita yang mereka inginkan, ada yang menjadi dokter, perawat dan juga tenaga kesehatan lainnya yang ada di Rumah Sakit. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat, terutama anak-anak sehingga sejak usia belia sudah memahami bagaimana perilaku hidup sehat dan sedikit banyaknya mengenal tentang rumah sakit.

Bagaimana? tertarik mengikuti kegiatan ini? Untuk mengikuti kegiatan ini ternyata sangat mudah, pihak sekolah cukup mengajukan permohonan ke RS Betha Medika atau ke Bagian Marketing dan untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap. 

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Tim Bagian Pemasaran RS Betha Medika di 0896 0518 0140 / Ibu Susan 

Salam Semakin sehat, untuk kita semua dari kami, keluarga Besar Rumah Sakit  Betha Medika.