Lainnya

Menampilkan 1-5 dari 236 hasil
Diposkan pada 23 May 2018

 


Tanpa sadar, kehidupan kita dikelilingi oleh radiasi, mulai dari lingkungan seperti sinar matahari sampai alat elektronik yang kita pakai sehari-hari. Apakah semua itu berbahaya ? 
Tidak semua radiasi membahayakan kesehatan manusia. Dengan kecanggihan teknologi, radiasi juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan manusia, seperti untuk pengobatan kanker dan menentukan diagnosa suatu penyakit menggunakan sinar x. Namun tetap saja kita harus hati-hati terhadap paparan radiasi sinar x yang diterima oleh tubuh.
Efek radiasi terbagi menjadi 2, efek stokastik dan efek deterministik. Efek stokastik yaitu efek radiasi yang timbul setelah melalui masa tenang yang lama dan tidak mengenal dosis ambang, salah satunya adalah kanker, leukimia (efek somatik), mandul dll. Sedangkan efek deterministik adalah efek radiasi yang timbul beberapa saat setelah terkena radiasi apabila dosis yang diterima melebihi dosis ambang, salah satu contohnya kulit menjadi merah, pelepuhan, rambut rontok, katarak pada lensa mata, dll.
Namun jangan khawatir untuk anda yang pernah melakukan foto rontgen lebih dari satu kali, karena ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi setelah terpapar sinar x.
1. Susu 
 
Bukan hanya bermanfaat untuk membantu pertumbuhan gigi dan tulang, susu juga dinilai sangat baik untuk pembentukan sel baru serta menggantikan sel baru yang sudah rusak akibat paparan radiasi dari sinar x. Lemak pada susu lah yang merupakan komponen penyusun membran sel dan hormon.
2. Telur 
Telur merupakan makanan bergizi yang mudah diperoleh dengan harga terjangkau, serta praktis dalam penyajiannya. Telur mengandung vitamin dan protein tinggi, protein sendiri dapat membentuk sel atau meregenerasi jaringan sel baru.
3. Ikan 
Mengkonsumsi ikan dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat radiasi, karena dalam ikan terkandung beberapa senyawa alami seperti asam lemak omega 3 dan protein yang secara alami dapat memperbaiki jaringan sel tubuh yang rusak.
4. Daging ayam
Dalam daging ayam terkandung lemak, protein, dan zat besi yang sangat mudah diserap oleh tubuh. Beberapa kandungan tersebut secara alami membuat jaringan sel tubuh yang telah rusak akibat radiasi dapat diperbaiki, sehingga sel tubuh yangrusak dapat pulih dengah segera.
Nah, mulai sekarang jangan takut lagi terhadap radiasi sinar x disamping memiliki efek yang sangaaat berbahaya, namun juga banyak manfaatnya di dunia kesehatan, dan jangan lupa mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat. Terimakasih, semoga bermanfaat dan Salam semakin sehat dari kami, Keluarga Besar RS Betha Medika.

Diposkan pada 18 May 2018

 

Assallamualaikum....

Selamat Siang Sahabat Betha ? Bagaimana puasa di hari kedua hari ini ? mudah - mudahan tetap bertahan dan Insya allah selalu diberikan kelancaran hingga nanti waktu berbuka tiba ya :),kali ini Kami ingin memberikan sedikit informasi nih, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share juga ya :)

kebutuhan air manusia dewasa memang harus selalu tercukupi. Ini karena tubuh manusia tersusun atas zat cair. Lebih dari 70% tubuh manusia terdiri dari cairan. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga agar tubuh mendapat asupan air yang cukup. Karenanya jangan sampai dehidrasi ya.

Di bulan Ramadan ini tentu akan membuat kita tidak bisa mengonsumsi cairan apapun dalam waktu kurang lebih 8 jam. Karena itu, kita harus punya trik agar terhindar dari dehidrasi dan tetap bisa minum air 8 gelas perhari meskipun sedang puasa.

Manusia dewasa membutuhkan asupan cairan sebanyak 8 gelas setiap hari. Asupan cairan ini bisa melalui air mineral, buah-buahan yang mengandung cairan, atau makanan berkuah. Nah, saat puasa kita harus pandai mengatur asupan air. Saat sahur kita disarankan untuk minum 3-4 gelas air namun ini tidak untuk sekali minum. Kita bisa membaginya saat baru bangun tidur, saat sahur, dan juga menjelang imsak.

Saat berbuka kita juga disarankan untuk mencukupi asupan air. Minumlah 4-5 gelas air saat berbuka, namun jangan langsung sekali minum. Dengan begini kita akan mendapatkan cukup asupan air dalam sehari.

Selain itu usahakan sebisa mungkin untuk menghindari konsumsi minuman/makanan yang mengandung kafein. Kafein memiliki kemampuan untuk menghilangkan manfaat dari air di dalam tubuh dan menghilangkan kelembaban. Perbanyak juga konsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air. 

Semoga informasi ini bermanfaat dan sahabat betha bisa tetap berpuasa dengan lancar ya, salam semakin sehat dari kami, keluarga besar RS Betha Medika.

Diposkan pada 17 May 2018

Selamat Pagi Sahabat Betha Medika :)

"Tibalah kini bulan Ramadhan, pesan ini sebagai ganti jabat tangan tuk memohonkan maaf dari kekhilafan, MOHON MAAF LAHIR & BATIN Marhaban yaa Ramadhan"

Keluarga Besar RS Betha Medika Mengucapkan " Selamat menunaikan Ibadah Puasa 1439 H
Semoga Ibadah kita semua selalu dilancarkan dan diterima oleh Allah SWT.

Diposkan pada 16 May 2018

 


Sahabat Betha..! Selamat Siang, Apa kabar hari ini ? mudah - mudahan semuanya dalam kondisi sehat ya, Seperti biasa, saatnya RS Betha Medika memberikan informasi seputar kesehatan,.. Dokter Umum RS Betha Medika, dr. Mia Tajri, akan berbagi informasi seputar " Waspada Demam Berdarah Dengeu" mudah-mudahan informasi ini dapat menambah luas wawasan kita tentang dunia kesehatan ya…
Demam berdarah dengue (DBD) penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti. DBD merupakan penyakit demam akut yang banyak ditemukan di daerah tropis dan subtropis. Penyakit DBD adalah endemik yang muncul setiap tahun, terutama saat musim hujan ketika kondisi optimal untuk nyamuk berkembang biak. Biasanya sejumlah besar orang akan terifeksi dalam waktu yang singkat (wabah). Demam berdarah dengue umumnya menyerang orang yang kekebalan tubuhnya sedang menurun.
WHO memperkirakan setidaknya 500.000 penderita DBD memerlukan rawat inap setiap tahunnya, dimana proporsi penderita sebagian besar adalah anak-anak dan 2,5% diantaranya dilaporkan meninggal dunia. DBD masih merupakan salah satu kesehatan masyarakat yang utama di Indonesia. Seiring dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk, jumlah penderita dan luas daerah penyebarannya semakin bertambah. Lebih dari 40% penduduk dunia hidup di daerah endemis demam berdarah.
Demam berdarah dengue tidak menular melalui kontak manusia dengan manusia. Virus dengue sebagai penyebab demam berdarah hanya dapat ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti yang sebelumnya sudah menggigit orang yang terinfeksi demam berdarah.
Gejala demam berdarah amat bervariasi, dari yang ringan seperti peningkatan suhu (demam) tinggi mendadak, disertai sakit kepala,rasa sakit dibelakang mata, nyeri yang hebat pada otot dan tulang, mual kadang muntah, dan batuk ringan. Bahkan sampai gejala yang berat seperti perdarahan pada hari ke-3 atau ke-5 baik berupa perdarahan dibawah kulit (petekie), mimisan, muntah darah, BAB kehitaman, bisa juga muncul gejala pembesaran organ seperti hati. Serta kecenderungan terjadi syok yang dapat berakibat fatal (Dengue Shock Syndrome /DSS). Pada pasien DSS, gejala syok ditandai dengan kulit yang terasa lembab dan dingin, tampak kebiruan pada ujung-ujung jari tangan dan kaki, serta dijumpai penurunan tekanan darah. Syok biasanya terjadi pada waktu demam atau saat demam turun antara hari ke-3 dan hari ke-7 penyakit.
Kriteria klinis DBD menurut WHO, adalah:
1. Demam akut, yang tetap tinggi selama 2-7 hari, kemudian turun perlahan. Demam disertai gejala tidak spesifik, seperti tidak nafsu makan, lemas, nyeri pada sendi dan tulang, dan kepala.
2. Gejala perdarahan, perdarahan dibawah kulit (petekie), mimisan, perdarahan gusi, muntah darah sampai BAB kehitaman.
3. Pembesaran organ seperti hati dan disertai nyeri tekan di perut.
4. Dengan atau tanpa syok. Syok yang terjadi pada saat demam biasanya mempunyai prognosis yang buruk.
5. Kenaikan nilai hemokonsentrasi darah, sedikitnya 20% (diketahui dari pemeriksaan laboratorium)
Derajat beratnya DBD, secara klinis dibagi menjadi:
1. Derajat I (ringan), terdapat demam mendadak selama 2-7 hari disertai gejala klinis lain dengan manifestasi perdarahan teringan , yaitu uji bendung positif (dengan memasangkan ikatan sfigmomanometer di lengan atas dengan diberikan tekanan di tengah-tengah nilai sistolik dan diastolik selama 10 menit, kemudian perhatikan warna kulit yang telah diberikan tekanan).
2. Derajat II (sedang), ditemukan pula perdarahan dibawah kulit dan perdarahan lain.
3. Derajat III (berat) , ditemukan tanda-tanda dini syok.
4. Derajat IV(sangat berat), terdapat DSS dengan nadi dan tekanan darah yang tidak terukur.
(perlu disokong dengan pemeriksaan laboratorium)
Penatalaksanaan untuk demam berdarah tanpa penyulit adalah istirahat total (bed rest), makan makanan lunak/cair, dan banyak minum air untuk menjaga cairan tubuh. Obat-obatan diberikan untuk meringankan demam dan rasa sakit. Apabila demam berdarah disertai penyulit, sebaiknya segera dirawat dan terutama dijaga jumlah cairan tubuhnya. Karena seringnya terjadi perdarahan dan syok maka penyakit ini angka kematiaan cukup tinggi. Oleh karena itu setiap penderita yang diduga menderita penyakit demam berdarah dalam tingkat manapun harus segera dibawa ke dokter atau rumah sakit, mengingat sewaktu-waktu dapat mengalami syok.
Pencegahan terbaik pada demam berdarah adalah dengan menghilangkan genangan air yang dapat menjadi sarang nyamuk.
Berikut langkah umum untuk mencegah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk:
- Kenakan pakaian lengan panjang dan celana panjang, dan gunakan obat penangkal nyamuk pada bagian tubuh yang tidak terlindungi
- Gunakan kawat nyamuk atau kelambu
- Pasang obat nyamuk ditempat yang dilalui nyamuk, seperti jendela, untuk menghindari gigitan nyamuk
- Cegah munculnya genangan air:
• Buang kaleng dan botol bekas di tempat sampah yang tertutup,
• Tutup rapat semua wadah air, sumur dan tangki penampungan air,
• Jaga saluran air supaya tidak tersumbat, dan
• Ratakan permukaan tanah untuk mencegh timbulnya genangan air.
Semoga Bermanfaat dan Salam Semakin Sehat, Dari Kami Keluarga Besar RS Betha Medika.
 

Diposkan pada 3 May 2018

 

Sahabat Betha..! Selamat Pagi, Apa kabar hari ini ? mudah - mudahan semuanya dalam kondisi sehat ya, Seperti biasa, saatnya RS Betha Medika memberikan informasi seputar kesehatan,.. Kali ini Fisiotherapis RS Betha Medika, Wulan Ramadhani,S.Tr,Ft akan berbagi informasi seputar " Low Back Pain" mudah-mudahan informasi ini dapat menambah luas wawasan kita tentang dunia kesehatan ya…

Aktivitas fisik sehari-hari pada seseorang dapat menyebabkan berbagai permasalahan yang timbul diantaranya, permasalahan pada otot, tulang dan sendi yang disebut dengan gangguan musculoskeletal. Nyeri pada otot, tulang dan sendi adalah salah satu keluhan yang banyak terjadi di masyarakat. Seseorang yang mengalami gangguan musculoskeletal akan mengalami keluhan nyeri, kekakuan sendi dan segala sesuatu yang menghambat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu kasus gangguan musculoskeletal yang sering dijumpai yaitu Low Back Pain atau Nyeri Punggung Bawah.

APAKAH LOW BACK PAIN ITU…?
Low Back Pain atau Nyeri Punggung Bawah merupakan salah satu gangguan musculoskeletal yang disebabkan oleh aktivitas tubuh yang kurang baik (Maher, Salmon, Pellino, 2002). Gangguan yang dapat ditimbulkan akibat Low Back Pain diantaranya adanya nyeri, panas, kesemutan, gemetar. Low Back Pain bersumber dari berbagai struktur. Otot merupakan salah satu struktur yang berhubungan didalamnya yang dapat mengakibatkan nyeri kemudian terjadi spasme atau ketegangan-ketegangan otot pada pinggang bagian bawah yang menyebabkan adanya keterbatasan gerak dan gangguan fungsional pada seseorang. 
APA FAKTOR YANG DAPAT MENIMBULKAN LOW BACK PAIN…?
Ada beberapa penyebab atau factor yang dapat menyebabkan terjadinya Low Back Pain diantaranya :
• Usia
• Obesitas atau Berat badan berlebih
• Postur tubuh
• Pekerjaan atau aktifitas duduk dan berdiri terlalu lama (posisi static)
• Mengangkat beban dengan posisi yang tidak benar.
Tulang punggung bagian bawah merupakan peran utama untuk mengatur gerakan mebungkuk, memutar, menyokong tubuh saat berjalan maupun berdiri. Bila gerakan tersebut dilakukan secara berlebihan akan menjadi salah satu factor pemicu terjadinya Low Back Pain.
BAGAIMANA MENCEGAH TERJADINYA LOW BACK PAIN…?
Postur tubuh dan aktifitas sehari-hari sangan mempengaruhi terjadinya Low Back Pain, beberapa cara untuk mencegah terjadinya Low Back Pain :
• Lakukan peregangan otot sebelum melakukan aktifitas sehari-hari.
• Berhati-hati saat melakukan pengangkatan barang
• Tetaplah aktif dan hidup sehat

BAGAIMANA CARA MENGATASI LOW BACK PAIN…?
Jika tidak ditangani secara benar Low Back Pain Atau Nyeri Punggung Bawah dapat mengganggu aktifitas sehari-hari seseorang karena adanya rasa nyeri yang menyebabkan tidak nyaman dalam beraktifitas. Nah, salah satu cara untuk membantu mengatasi LBP yakni dilakukannya fisioterapi. Tujuan dari fisioterapi sendiri untuk mengembalikan fleksibilitas gerak pada pinggang, mengontrol nyeri, menurunkan spasme dan mengembalikan kemampuan fungsional pasien, sesuai dengan problematika yang ada, agar terapi yang diberika sesuai dengan kondisi. Low Back Pain dapat diatasi dengan menggunakan metode terapi latihan maupun menggunakan alat bantu terapi berupa modalitas fisioterapi yang ada, antara lain :
1. Terapi latihan adalah gerak dari tubuh atau bagian dari tubuh untuk mengurangi gejala-gejala atau meningkatkan fungsi (Sudarta, 1984). Tujuan dari latiahn ini untuk memperkuat otot-otot pada pinggang dan untuk peregangan otot sekitar. Adapun contoh metode latihan yang sering digunakan yaitu William Flexi dan Mc Kenzie.
2. Infra Red merupakan pancaran gelombang elektromagnetik yang memiliki efek vasodilatasi pada pembuluh darah, efek sedative dan relaksasi pada otot
3. TENS (Transcutaneus Electrical Nerve Stimulation) merupakan suatu cara penggunaan energy listrik untuk merangsang sisten saraf melalui permukaan kulit untuk membantu mengontrol rasa nyeri.
4. Ultrasound (US) merupakan terapi menggunakan gelombang suara tinggi dengan frekuensi 1 dan 3 Mhz, yang bertujuan untuk mengurangi nyeri dan memperbaiki proses penyembuhan kolagen.
5. Micro Wave Diathermy (MWD) merupakan pengobatan dengan menggunakan stressor fisis berupa energy elektromagnetik yang dihasilkan oleh arus bolak-balik frekuensi 2450 MHz dengan panjang gelombang 12,5 cm, yang bertujuan untuk membantu meningkatkan sirkulasi limpatik dan sirkulasi darah local, membantu meingkatkan proses perbaikan jaringan secara fisiologis
Kehadiran Layanan Fisioterapi di Rumah Sakit Betha Medika bertujuan untuk memberikan layanan kepada masyarakat sekitar bagi penderita kasus muskuloskeletal maupun kasus-kasus neuromuscular bagi yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. Salam semakin sehat, dari kami keluarga besar RS Betha Medika.